Sabtu, 02 Mei 2009

Wahabi yang Cerdas


Situs Al-quran yang beralamat di http://quran. al-islam. com dan dikelola oleh pemerintah Arab Saudi menampilkan sebuah teks tafsir yang bisa dianggap bertentangan dengan mazhab wahhabi yang biasanya mengkafirkan atau menyesatkan penganut mazhab lain.
Entah disadari atau tidak oleh kaum wahhabi, dalam situs tersebut, terdapat tafsir surah AlBayyinah ayat 07, yang menegaskan bahwa sebaik-baik manusia adalah Ali dan pengikutnya (khairul-bariyyah).
Tafsir ini seperti yang terdapat dalam situs itu merujuk pada tafsir At-Tabari. Dikatakannya bahwa, إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ,أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ ِ “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk”.
“أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ” mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Siapakah yang sebaik-baik makhluk itu.? Dalam tafsir At-Tabari yang diriwayatkan dari Ibnu Hamid mengatakan bahwa, Isa bin Farqad dari Abil Jarud dari Muhammadi bin Ali, Rasulullah mengatakan ُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ :”Engkau ya Ali dan Syiahmu [Red: pengikutmu]” .
Pada saat yang sama pembuatan situs Alquran yang ditangani oleh kerajaan Saudi itu bertujuan untuk menyebarkan mazhab wahhabi.[islammuham madi/mt]
Silahkan buka link dibawah ini: http://quran.al-islam.com/Tafseer/DispTafsser.asp?l=arb&taf=TABARY&nType=1&nSora=98&nAya=7
Apakah ini pertanda positif bahwa sebagian kaum wahhabi, akibat ulah kaum salafi ekstrem atau karena kekaguman kepada Hasan Nasrullah, mulai melonggarkan ikat kepala (iqal) sehingga berpikir rasional? Semoga.
(dikutip dan diolah dari http://www.islammuhammadi.com/)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar